pada contoh diatas, cell sumbernya adalah
D1 dengan rumus =A1*C1. Lalu dicopy kebawah yaitu cell D2 maka rumus
akan berubah menjadi =A2*C2, dan rumus di cell D3 menjadi =A3*C3,
de-el-el.
Bila anda meletakkan ditempat yang lain,
misalnya cell sumbernya D1 kemudian di copy ke F5 maka rumusnya menjadi
=E5*C5. Jadi cell akan terus berubah searah peletakkan hasil copyan.
Bila dicopy satu kolom kekanan maka cell pada rumus didalamnya pun akan
bergeser satu kolom kekanan. Demikian pula bila mengcopy satu baris ke
bawah, maka semua cell pada rumus akan berganti pula satu baris kebawah.
Inilah yang disebut cell relative
Sedangkan cell absolut
yaitu cell dalam rumus yang tidak akan berubah-ubah meski pun di copy
kemana-mana. Caranya hanya menempatkan karakter ” $ ” di awal penulisan
pada kolom dan baris cell. perhatikan hal berikut :
1. $A$1 : kolom dan baris absolut dan tidak akan berubah meski dipindah2. $A1 : kolom absolut sedangkan baris tidak.
3. A$1 : kolom dapat berubah-ubah sedangkan baris tidak
4. A1 : kolom dan baris dapat berubah (cell relatif)
contoh :
Pada contoh diatas, cell D1 diisi dengan
rumus =A$1*C1, maka ketika di copy kebawah, kolom dapat berubah
sedangkan baris tetap. yaitu A$1*C2, A$1*C3 dan seterusnya.
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Dalam Microsoft Excel
Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :- SUM : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
- AVERAGE : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
- MAX : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
- MIN : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
- COUNT : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range
Tidak ada komentar:
Posting Komentar